Chrisye

Chrisye

Chrisye, (Christian Rahadi, lalu Chrismansyah Rahadi; lahir di Jakarta, 16 September 1949 – wafat di Jakarta, 30 Maret 2007 dalam umur 57 tahun) adalah seorang penyanyi pop Indonesia. Mulai bermusik ketika bergabung sebagai bassist dengan band Gipsy, ia lalu menjulang lewat lagu "Lilin-lilin Kecil" di sekitar tahun 1977 dan Badai Pasti Berlalu setelah bersolo-karir sebagai penyanyi. Beberapa lagunya yang populer adalah "Ketika Tangan dan Kaki Berkata", "Badai Pasti Berlalu", "Aku Cinta Dia", "Hip Hip Hura", "Nona Lisa", dan "Pergilah Kasih".

Chrisye sempat kecolongan. Karena beberapa lagu yang dinyanyikannya dianggap sebagai plagiaris seperti Hip Hip Hura (Adjie Sutama) yang mirip Footloose-nya Kenny Loggins, Selamat Tinggal Sayang (Dadang S. Manaf) yang mirip lagu The Carpenters, Jumpa Pertama (Andi Mapajalos) yang mirip Morning Train-nya Sheena Easton. Selain itu, Kala Cinta Menggoda (Guruh Soekarnoputra) yang mirip Man on Fire milik Andy Gibb. Album Badai Pasti Berlalu yang dianggap tonggak musik pop Indonesia itu pun memiliki aib: lagu Pelangi ternyata disontek dari After The Ordeal-nya Genesis hingga Khayalku yang beberapa verse dicuplik dari Repent Walpurgis-nya Procol Harum. lagu "Jika Surga dan Neraka Tak Ada" mengambil melodi dari sebuah lagu R&B Tears Are Cryin-nya Stephen Simmons hanya saja melodi yang digunakan dalam lagu karya Ahmad Dhani sudah mendapat ijin dari sang penulis lagu.

Tahun 1982 Chrisye menikahi Damayanti Noor, anggota keluarga Noor Bersaudara. Ia kemudian memeluk agama Islam. Dari pernikahannya dengan Damayanti Noor, Chrisye memperoleh empat orang anak. Tahun 1995, Chrisye memperoleh BASF Legend Award atas pengabdiannya terhadap musik Indonesia selama ini. Pada tahun 2002, ia meluncurkan album Dekade yang berisi rekam ulang sejumlah lagu lama. Sejak 31 Juli 2005, Chrisye harus dirawat di rumah sakit di Singapura karena mengidap kanker paru-paru. Awalnya dalam pemeriksaan di Jakarta, dia disebut terkena infeksi paru-paru, namun ternyata pemeriksaan lebih lanjut di Singapura memberikan hasil bahwa penyakit yang dideritanya adalah kanker paru-paru. Chrisye meninggal dunia pada 30 Maret 2007, pukul 04.08 WIB di Jakarta akibat sakit yang dideritanya dan dimakamkan di TPU Jeruk Purut.

Lagu Hits Crisye antara lain:
  1. Aku cinta dia
  2. Anak sekolah
  3. Andai aku bisa
  4. Damai bersamamu
  5. Hip hip hura
  6. Hura hura
  7. Jumpa pertama
  8. Kemesraan
  9. Kisah kasih di sekolah
  10. Lilin lilin kecil
  11. Maafkanlah
  12. Malam pertama
  13. Selamat jalan kekasih
  14. Selamat tinggal sayang
  15. Seperti yang kamu minta
  16. Untukmu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar